28
Jul
09

GILA! Trend Rambut Mbah Surip!! Mau?

Tak hanya lagu ‘Tak Gendong’, tapi rambut gimbal khas Bob Marley milik Mbah surip juga bikin heboh seantero negeri. Lucunya, ketika ditanya tips memiliki rambut gimbal,  jawaban penyanyi nyentrik ini terdengar tak masuk akal. Bayangkan, agar rambutnya gimbal, kakek berusia 60 tahun ini mengaku keramas memakai sampo kucing anggora. Janggal, bukan?

Tapi, jika ingin memiliki rambut Mbah Surip alias rambut gimbal ini ada triknya agar kulit kepala dan akar rambut Anda tetap sehat. Yang perlu Anda tahu, untuk membuat rambut Anda gimbal membutuhkan waktu. Dan, jika rambut Anda sudah gimbal, perlu perawatan rutin agar rambut dan kulit kepala tetap sehat.

Plus, perlu Anda sadari, bila sudah bosan dengan rambut gaya ini, bisa jadi Anda mesti memotong semua rambut gimbal, agar rambut normal bisa tumbuh seperti biasa. Ingin tahu caranya? Berikut langkah-langkah membuat rambut gimbal yang dikutip VIVAnews dari situs ehow.com.

– Langkah 1:

Biasanya, rambut gimbal lebih mudah dibuat pada rambut keriting. Jadi, bila rambut Anda lurus sebaiknya lakukan perawatan keriting rambut di salon terlebih dulu. Dengan begitu, proses membuat rambut gimbal lebih mudah.

– Langkah 2

Berhenti memakai conditioner selama 10 hari sebelum Anda memulai proses pembuatan rambut gimbal.

– Langkah 3

Campurkan 1 sdm cuka dengan 1 liter air. Basuh rambut dengan campuran ini pada hari Anda ingin membuat gimbal. Cara ini bisa melenyapkan residu yang bisa menghambat proses. Atau, Anda juga bisa membeli sampo bebas residu untuk proses ini.

– Langkah 4

Setelah itu, mulailah mengeringkan rambut. Ambil sebagian rambut (diameter sekitar 2,5 cm). Lalu, pilin rambut dengan kencang hingga padat.

– Langkah 5

Jepit rambut yang belum dipilin dengan jepitan atau karet rambut sehingga Anda fokus memilin rambut satu persatu. Sasak rambut yang dipilin, dimulai dari bagian akar hingga ujung rambut dan balik lagi ke arah kulit kepala. Bila rambut Anda tergolong halus, lakukan cara ini berulang-ulang hingga rambut kaku. Ada baiknya, Anda menggunakan sisir yang terbuat dari besi agar rambut tersasak dengan sempurna.

– Langkah 6

Aplikasikan lilin atau minyak rambut khusus gimbal (dapat dibeli di salon-salon), atau lilin lebah pada tiap lilitan rambut setelah disasak untuk menguatkan lilitan rambut.

– Langkah 7

Ikat ujung rambut yang telah dipilin dengan karet rambut. Langkah ini dapat mempertahankan rambut yang telah dipilin. Lakukan cara memilin ini pada rambut yang akan digimbal. Agar terlihat rapi, minta bantuan teman untuk memilin rambut satu persatu.

– Langkah 8

Gaya rambut gimbal ini bisa tergantung keinginan . Anda bisa membuat gimbal pada sebagian atau seluruh rambut Anda.

– Langkah 9

Secara rutin, pilin rambut, sasak, dan aplikasikan lilin di rambut Anda untuk mempertahankan bentuk gimbal. Dan, pastikan memilin rambut pada arah yang sama. Dengan begitu, jika Anda ingin mengembalikan rambut ke bentuk semula. Sebab jika rambut sudah terlalu kusut, Anda harus memotong seluruh rambut Anda.

Ingat, gaya rambut ini butuh perawatan ekstra. Lakukan kebiasaan tersebut di waktu luang, misalnya saat menonton TV atau bersantai. Dan, agar rambut gimbal bertahan sempurna, sebaiknya jangan keramas dalam beberapa minggu, dan hindari terpapar langsung dengan sinar matahari.


9 Responses to “GILA! Trend Rambut Mbah Surip!! Mau?”


  1. July 28, 2009 at 2:12 pm

    Walah- walah.. kamu sudah nyoba belum..😀😀

  2. July 29, 2009 at 6:02 am

    belum nii. Mau nyoba ah! hhe..😀

  3. July 29, 2009 at 8:04 am

    betul sekali… rambut seperti itu membutuhkan perawatah yang ekstra..
    kalau tidak dirawat dengan baik, bisa menyebabkan kanker otak lo… ihh serem…

    salam blogger…
    makasih udah au jadi sahabat aku…
    semoga bermanfaat ya…
    thanx..

  4. July 29, 2009 at 9:17 am

    Ikutan nulis, dunk ! hi hi hi hi
    Menurut gue sich model rambut apa saja harus disyukuri. Semua ada hikmahnya. Jika mau ikutan ngetrend ala rambut gimbal juga boleh.

    Di negara – negara barat model ini juga udah lama naik daun. banyak bule yang rambutnya lurus di jadikan ala gimbal. Padahal untuk melakukan hal ini membutuhkan waktu yang lama, karena type rambutnya yang berbeda. Rata – rata dibutuhkan waktu sekitar 5 ato 6 jam dengan harga sekitar 350 euro. Kalo asal – asalan lebih cepat, seh.

    Rambut gimbal aslinya dimili oleh penduduk asal Afrika, namun juga banyak ditemukan dikawasan kepulauan Caribean. Dikawasan Indonesia bagian timur ( Papua ) juga mempunyai type yang sama, seperti juga Masyarakat Aborigin. Ato bisa dibilang type “keriting lembut” ( halus ).

    Menurut pengalaman gue sih ( banyak disekitar sini yang berambut gimbal ), orang yang mempunyai rambut seperti ini banyak ngiri sama orang yang berambut lurus. Ini dikarenakan perawatannya. Rambut mereka juga bergantung dengan gel ato semacam minyak lemak, agar rambut mereka bisa disisir. Dan inipun gampang kotor, atau ngotorin bantal.

    Kalo bangun tidur juga butuh waktu lama untuk ngurusin rambut ( pokok’e ngga efektif ). Kalo ngga sempat ngurus rambut, mereka lebih memilih topi / penutup rambut.

    Karena mereka sudah terbiasa susah dengan rambut seperti ini, mereka jadi begitu termotivasi dengan berbagai kreasi, termasuk model dreadlock ala Bob Marley. Bahkan mereka bisa melakukannya sendiri, atau sesama temannya.

    Eh, ngomong – ngomong apa ada rencana si pemilik blog ini untuk ngikutin trend ala mbah Surip ? Hi hi hi hi

    Salam persahabatan, yach………….

  5. 7 bullacts
    August 1, 2009 at 4:37 am

    O yoo… rasa rastafaria, gimbal is the best!! salam bloger, ayas baru mulai nulis nih

  6. 9 Inuyasha
    December 2, 2009 at 8:50 am

    oh ya, klo dah mengikuti semua caranya, gemana hasil finising nya, kok gak ada gambarnya????


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


award from Bri

Date..

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

kind of post..

Blog Stats

  • 55,924 hits

Postingan’y Ira .

Islamic Calendar

Arsip

free counters

RSS Bogor EduCARE

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

%d bloggers like this: