24
Jun
09

SDM berkualitas demi Persaingan Global

Menghadapi masa di mana angka ketergantungan berada pada titik terendah (window of opportunity) tahun 2020-2030, maka sumber daya manusia/SDM Indonesia harus dipersiapkan. SDM berkualitas diperlukan agar bisa bersaing dengan bangsa lain.

“Jika SDM kita tidak siap dan kualitasnya tetap seperti ini maka bangsa lain yang datang ke Indonesia akan selalu lebih unggul,” kata Sugiri Syarief, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), di Jakarta, Selasa (23/6).

Pada Seminar Uji Publik Draf Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Strategi Nasional Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana 2010-2014, Sugiri Syarief mengharapkan seminar tersebut menjadi media advokasi bagi calon presiden mendatang bahwa persoalan kependudukan dan KB perlu mendapat perhatian.

Di samping itu sesuai dengan UU Nomor 39 Tahun 2008 bahwa harus ada lembaga yang menangani masalah kependudukan dalam arti luas dan komprehensif. Ketidakserasian kebijakan pemerintah dalam bidang pembangunan di semua sektor dengan pembangunan kependudukan menunjukkan ketidakkonsistenan dalam implementasinya di lapangan, kata Sugiri Syarief.

Fenomena besarnya jumlah penduduk dengan kualitas rendah dan pertumbuhan yang cepat akan menjadi ancaman bagi keberhasilan pembangunan lainnya.

“Berbagai bukti empiris menunjukkan bahwa kemampuan bangsa ditentukan oleh kualitas SDM, bukan melimpahnya sumber daya alam,” kata Sugiri Syarief.

Saat ini penduduk Indonesia berjumlah sekitar 220 juta jiwa, terbesar ke empat di dunia jumlahnya. Sementara itu, kualitas penduduk Indonesia yang diukur dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masih berada pada urutan ke 107 dari 177 negara pada tahun 2005 (HDI Report 2006).

Nina Sardjunani, Deputi Menteri Negara Perencana Pembangunan Nasional/PPN/Kepala Bappenas Bidang SDM dan Kebudayaan, menggarisbawahi bahwa upaya mewujudkan bangsa yang berdaya saing adalah dengan mengendalikan jumlah dan laju pertumbuhan penduduk serta lebih memperhatikan pendidikan.

Tiga komponen penting pada HDI yakni kesehatan, pendidikan, dan ekonomi keluarga harus dikedepankan. “Visi saya, ke depan Indonesia memiliki penduduk yang tidak kalah bersaing dengan bangsa lain dari segala aspek. Misalnya soal produktivitas. Janganlah kita hanya menjadi TKI dan bermental kuli, ke depan harus lebih baik,” ucap Sugiri Syarief.


0 Responses to “SDM berkualitas demi Persaingan Global”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


award from Bri

Date..

June 2009
M T W T F S S
    Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

kind of post..

Blog Stats

  • 55,924 hits

Postingan’y Ira .

Islamic Calendar

Arsip

free counters

RSS Bogor EduCARE

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

%d bloggers like this: